Sunday, September 25, 2016

Menyeduh Kopi Yang Benar

Kopi merupakan minuman sebagai teman saat kita santai. Namun sebagian besar dari kita hanya tinggal minum saja karena sudah disediakan oleh istri atau oleh barista di cafe. Bila sudah disuguhkan kopi yang nikmat sudah cukup bagi kita. Kita tidak pernah mempedulikan tahap pembuatannya. Tapi ini tidak berlaku bagi para pecinta kopi sejati. Mereka akan sangat peduli dan mengamati setiap tahapan proses pembuatan kopi. Kopi yang tidak disimpah dan diseduh dengan benar akan mengacaukan sensasi rasa dari  kopi tersebut. Berikut ini adalah beberapa contohnya pemikiran yang salah tentang kopi:

  1. Kulkas atau freezer adalah tempat terbaik untuk menyimpan kopi. Biji kopi yang dipanggang akan berpori, sehingga mampu menyerap kelembaban dan aroma makanan disekitarnya.  Jadi, Kulkas bukan merupakan tempat penyimpanan kopi yang baik. Simpan saja biji kopi segar di dalam kotak kedap udara dalam suhu ruangan, untuk dikonsumsi maksimal selama 5 – 7 hari saja.
  2. Rasa kopi bubuk sama baiknya dengan jika Anda menggiling biji kopi sendiri. Ada beberapa gerai kopi besar yang menyediakan biji kopi utuh dan anda boleh untuk menggilingnya sendiri. Tapi jika anda tidak ingin mengkonsumsinya langsung sebaiknya anda tidak mebeli kopi seperti ini. Karena biasanya kpi akan segera kehilangan kualitas setelah ditumbuk. Cita rata terbaiknya adalah saat langsung diseduh setelah digiling.
  3. Air suling paling baik untuk menyeduh kopi. Air suling memang lebih higienis, namundalam proses pembuatannya air suling akan kehilangan kandungan mineral. Padahal, kandungan mineral dalam air inilah yang penting untuk memberikan cita rasa kopi. Air kran dengan kandungan klorin juga membuat cita rasa kopi menjadi kurang nikmat. Para pecinta kopi umumnya menggunakan air kemasan dari mata air.
  4. Kopi paling baik diseduh menggunakan air mendidih. Meskipun tidak ada pengaruh buruk terhadap kesehatan, tapi air yang terlalu panas untuk menyeduh kopi akan menarik senyawa da dalam kopi sehingga sehingga seduhan kopi yang dihasilkan menjadiu lebih pahit. Suhu terbaik menyeduh kopi adalah sekitar 93 derajat celcius.

No comments:

Post a Comment